Cara Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan



Cara Agar Anak Cerdas Sejak Dalam Kandungan – Semua orang tua pasti ingin memiliki anak yang cerdas, sebab anak yang cerdas itu mejadi salah satu anugrah lebih bagi orang tua. Akan tetapi pernahkah Bunda berpikir kalau anak yang cerdas itu sudah terbentuk saat anak di dalam kandungan? perlu bunda ketahui bahwa di tahun pertama sel sel otak serta perkembangan otak bayi sudah terkoneksi dengan saraf. Bahkan penelitian menyatakan kalau sebelum melahirkan sebaiknya Bunda harus memberikan rangsangan untuk perkembangan otak bayi. Sehingga saat terlahir bayi dalam kandungan akan sehat dan sempurna. Adapun beberapa cara melatihnya sebagai berikut.
Tips Agar anak cerdas sejak dalam kandungan
1. Gunakan musik Klasik
Putarkanlah Musik Bergenre klasik maupun jazz atau jika Anda seorang muslim bisa gunakan Lantunan suara merdu Ayat suci al-qur’an dengan nada yang pelan dan lembut, Hal ini dapat membantu untuk merangsang otak bayi pada saat didalam kandungan. Cara ini sudah dipercaya oleh para ahli-ahli sebagai salah satu faktor untuk membuat anak menjadi pintar sejak masik didalam kandungan ibu.
2. Lakukan Terapi Sentuhan
Tanpa disadari oleh para ibu, Bahwa setiap sentuhan yang dilakukan oleh seorang ibu Seperti Gerakan pelan menepuk perut dan mengusap-usap secara lembut yang berirama ini menjadi respon alami. Hal ini seolah-olah seorang ibu sedang melakukan pembicaraan dengan bayi. Setiap sentuhan lembutsng Bunda akan di respon oleh bayi dalam kandungan, karena memang umumnya bayi dalam kandungan cukup sensitif oleh sentuhan. Maka dari itu Bayi akan mulai bergerak dan menyentuh diri mereka sendiri.
Pada saat bayi itu sudah agak sedikit besar, Maka bayi itu akan mulai mendorong kakinya itu sendiri atau tangannya pada saat bayi itu tersentuh atau perut ibunya tersentuh. Sentuhan ini merupakan salah satu faktor untuk memulai kontak batin dengan bayi dan merangsang perkembangan atau pertumbuhan sibayi. Bayi akan merespon sentuan kita, dengan menendang-nendang atau mendorongnya kembali. Cara sentuhan ini dapat dilakukan kapan saja, yang lebih utamanya lagi pada saat bayi menjelang usia 8 minggu.
3. Berikan Asupan Nutrisi yang baik
Ketika bayi didalam kandungan harus tetap diberi asupan nutrisi yang baik, dan tidak hanya setelah bayi sudah lahir untuk diberi asupan nutrisinya. Bagi para ibu hamil disarankan agar meningkatkan konsumsi makanan yang banyak mengandung protein hewani maupun protein nabati seperti (ayam, daging, ikan, telur, kacang-kacangan, susu), Makanan yang mengandung vitamin A seperti (Hati, telur, sayuran yang berwarna kuning dan hijau, minyak), Zat besi (Daging berwarna merah seperti sapi, unggas, ikan, kacang-kacangan, Sayuran hijau, makanan yang difortifikasi) dan Asam folat (Hati, sayuran hijau, kacang-kacangan).
4. Hindari stress pada masa kehamilan
Saat proses kehamilan seorang ibu akan udah sekali terkena stress atau hal yang selalu dicemaskan, perlu buda ketahui bahwa masa kehamilan Bunda akan saling berbagi hormon dengan sang buah hati di dalam kandungan. Sehingga jika Bunda mudah stress tentunya hal tersebut cukup memiliki dampak yang tidak baik yang bisa membuat bayi dalam kandungan merasa cemas. Hormon stress cukup berpengaruh terhadap saraf otak bayi dalam kandungan yang mulai berkembang. Untuk membuat anak cerdas maka Bunda harus menghindari yang namanya stress.
Makanan untuk ibu hamil agar bayi cerdas makanan agar anak cerdas dan pintar dalam kandungan
Asupan makanan yang Bunda konsumsi juga penting dan sangat mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan, untuk itu agar bayi cerdas sebaiknya Bunda juga perlu memperhatikan asupan makanan yang sehat. Adapun makanan yang sehat yang baik dikonsumsi pada masa kehamilan sebagai berikut
– Gizi seimbang
Bagi setiap ibu harus tetap menjaga pola makannya tetap teratur dan mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung gizi, nutrisi agar dapat mendukung perkembangan janin dalam kandungan agar sibayi tumbuh dengan cerdas, sehat dan Organ otak bayi tumbuh secara pesat sehingga sibayi ini ketika lahir menjadi pintar.
– Konsumsilah makanan yang mengandung minyak ikan dan DHA
Minyak ikan dan DHA ini sangat dibutuhkan oleh bayi, agar pertumbuhan otaknya baik. yang dibutuhkan bayi adalah Nulacta, Omega dan Lain-lain. Utamakan juga agar tetap mengonsumsi makanan yang berprotein tinggi seperti daging dan makanan yang mengandung vitamin seperti Vit A, Vit B, Vit C, B1, Zat Besi, Omega 3, Asam Folat, AA, B6 serta asupan nutrisi dan gizi yang baik seperti sayuran hijau dan buah-buahan.
– Konsumsilah Makanan yang alami dan masih segar
Pada masa kehamilan, Bunda harus hindari mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung bahan pemanis buatan, bahan pengawet Dan makanan jenis fast food junkfood, dan makanan yang tidak baik untuk kesehatan janin . Karena makanan yang dihindari disini nantinya bila dikonsumsi akan berdampak buruk bagi perkembangan sang bayi dalam kandungannya. Jadi, bagi para ibu yang sedang mengandung bayi disarankan untuk menghindari makanan jenis tersebut. Pilihlah makanan yang alami dan tentunya tanpa bahan pengawet atau bahan kimia lainnya.
Itulah beberapa cara yang bisa Bunda lakukan agar anak cerdas sejak dalam kandungan. Selain melakukan cara diatas, Bunda juga harus berkonsultasi dengan Dokter kandungan untuk hasil yang lebih baik.