Apakah ibu hamil boleh minum es



Nah…. ini sering dipertanyakan oleh ibu hamil. Zaman nenek moyang kita atau leluhur dan pepunden kita zaman dahulu sering melarang bahwa ibu hamil tidak boleh minum es, sebab nanti bayi yang akan dilahirkan menjadi besar. Begitu kan? Bahkan cerita tersebut sering di ceritakan turun menurun sampai sekarang. Namun cerita dari dokter Puskesmas dan dokter ahli Kebidanan, hal ini tidaklah benar, sebab seberapapun temperaturnya, makanan atau minuman yang dikonsumsi ibu hamil, akan menyesuaikan suhunya ketika ada di perut ibu. Jadi minum es dapat membuat hal buruk pada bayi tidaklah benar.
Tapi sebetulnya ibu hamil tidak boleh minum es dimana di dalam es tersebut ada campuran gulanya. Misalnya es teh, es dawet, es jeruk, es buah dll. Nah… jadi yang membuat berat badan lebih pada bayi adalah senyawa gula tersebut, dimana gula tidak bisa di rubah jadi ampas melainkan menjadi karbohidrat langsung yang masuk ke dalam tubuh ibu, sehingga bisa membuat bobot bayi lebih besar. Namun ini biasanya diperuntukkan pada ibu hamil dengan usia kandungan di trimester ke 3 ( 7-8 bulan).
Karena pada usia kehamilan trimester ke 3 bayi yang dikandung cepat atau mudah besar, karena nafsu makan ibu juga lebih banyak dari sewaktu ibu hamil mengandung di awal bulan (trimester ke 1). Lain cerita bila ibu hamil di ketahui hamil dengan hasil USG bayi diperkirakan Berat badan rendah, biasanya dokter akan menganjurkan boleh minum es krim atau minum es dengan larutan yang ada gulanya. Namun apabila setelah kontrol di dokter Kebidanan dan ditemukan dalam USG (ultra sono Grafi) berat badan bayi sudah cukup/normal, maka minum es dengan gula tidak diperbolehkan. Tapi kaau hanya air es saja boleh.

Tips Apakah Ibu Hamil Boleh Minum Es?

Namun fakta dari es sendiri juga tidak sepenuhnya benar, ada pula es yang tidak baik untuk manusia yang lain, bukan hanya untuk ibu hamil sendiri, coba simak fakta berikut ini dari minum es:
1. Perut Kembung.
Air es yang akan di konsumsi baik ibu hamil maupun bukan ibu hamil, bisa menyebabkan kembung. Hal ini apabila air es yang dikonsumsi tidak menyesuaikan di dalam perut, bahkan sebaliknya, enzim yang ada di lambung akan bereaksi dengan perubahan tersebut, maka timbullah gas dalam perut. Misalnya makan nasi hangat, harusnya kan minumnya hangat pula, tapi malah kemudian minum air es, maka pasti irama kerja yang ada di dalam organ perut akan berubah.


2. Menggemukan badan
Ibu hamil atau bukan ibu hamil akan bisa gemuk, apabila minum banyak air es. Alasannya begini setelah menyantap makanan yang berlemak, maka lemak tidak bisa dibakar secara sempurna, bisa menyebabkan pembakaran kalori di dalam tubuh jadi lama. Dengan demikian, penumpukkan kalori di dalam tubuh bisa menyebabkan kegemukkan. Apalagi apabila es tersebut di campur dengan senyawa gula, pasti badan akan lebih gemuk dan cepat gemuk, sebab senyawa gula tersebut adalah karbohidrat paten yang langsung masuk ke dalam tubuh.


3. Masuk angin.
Ibu hamil maupun orang lain, apabila minum air es, bisa mudah terkena masuk angin, sebab mengkonsumsi air es yang berlebihan, bisa menyebabkan perubahan suhu secara mendadak di dalam tubuh. Yang semula bersuhu panas, kemudian dingin, akan menyebabkan masuk angin.


4. Mengalami Pusing
Ibu hamil maupun orang yang tidak hamil, apabila mengkonsumsi es bisa menyebabkan metabolisme terganggu, sistem syaraf tidak akan bekerja sempurna, dengan demikian oksigen yang dibutuhkan akan berkurang, karena adanya perubahan yang mendadak. Sehingga otak tidak bisa beradaptasi dengan adanya oksigen yang kurang, akibatnya kepala akan pusing, sebab aliran darah yang berjalan ke otak menjadi berkurang.
5. Haus berlebihan.
Minum minuman yang dingin seperti es, sebetulnya hanya kamuflase saja sebab, semakin banyak es yang masuk ke dalam tubuh maka tubuh akan memeliki ketidakseimbangan, karena akan menimbulkan kekurangan cairan lebuh cepat, sehingga dehidrasi malah akan terjadi. Apabila dehidrasi, maka akan kekurangan oksigen, dengan demikian akan banyak gangguan kesehatan yang muncul.

Dengan adanya akibat yang ditimbulkan seperti yang terurai di atas, alangkah baiknya air es tidak boleh di konsumsi secara berlebihan. Memang benar, es sangat segar, sangat menyejukkan, apalagi apabila diminum pada cuaca yang panas, maka akan sangat sejuk dan segar di tubuh. Apalagi kalau yang minum ibu sedang hamil, sebab dengan adanya kehamilan ibu akan memiliki suhu yang panas, dan mudah berkeringat, ibu hamil boleh minum air es namun tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan.
Jadi sebenarnya tidak ada hal yang di khawatirkan, ibu hamil minum air es boleh, dan tidak akan menjadikan bobot bayi bertambah besar. Namun demikian air es tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak sebab membuat tubuh di dalam membakar lemak atau kalori di dalam tubuh akan kesulitan, sebab dengan adanya air dingin tersebut. Sehingga ibu hamil akan mudah cepat lelah, bila kekurangan kalori.
Jadi apabila ada bayi besar, maka sebetulnya banyak masalah disini misalnya penyakit keturunan, seperti kencing manis atau diabetes mellitus, maka jelas tentu saja bayi yang di dalam kandungan dan akan dilahirkan nanti pasti akan besar. Jadi bukan air esnya yang menjadikan bayi besar, kalau prognosanya jelas bayi yang dilahirkan nanti akan besar, maka ibu hamil pasti sudah disarankan oleh bidan supaya melahirkan di Rumah sakit, yang tersedia ruang Operasi, sehingga perlu dilakukan operasi Caesar untuk melahirkan bayi.

Demikian tadi sekilas info tentang apakah ibu hamil boleh minum es? Semoga bermanfaat.